Influenza

Banyak yang bilang kalau kehujanan bisa membuat influenza, batuk, dan lain-lain. Padahal menurut saya tidak. Mengapa? Karena influenza disebabkan oleh makhluk ‘setengah hidup’ yang disebut dengan virus, dan hanya aktiv dalam tubuh makhluk hidup.

Sebenarnya kita sudah ‘dipersenjatai’ atau dilengkapi dengan beberapa kompi ‘pasukan’ dalam tubuh yang disebut dengan sistem pertahanan atau imunitas. Imunitas itu kalau pas kita sehat wal afiat ya insya Allah tidak akan terserang oleh influenza itu meskipun kita kehujanan, basah kuyup, klebus ngecepes dan seterusnya. Tidak akan sakit.

Hanya saja ketika sudah kecapean, terus masih ditamah kehujanan, mainya dengan teman yang sedang hatci-hatci…  ya kemungkinan terjadinya penularan penyakit influenza jauh lebih besar. Ada juga cara untuk menghindari penyakit ini, paling tidak ya dengan olah raga teratur dan cukup minum, serta pikiran yang tenang. Pikiran yang kacau, stress berat, apalagi depresi (tapi belum gila, karena pada kasus orang gila jarang yang kena influenza), maka daya tahan tubuh menurun drastis dan mudah sekali sakit. Bahkan mungkin bukan cuma influenza, bisa-bisa kena penyakit 3s, apa itu? stress–> stroke –> stop. Nah lho.

So, mungkin ada yang sedang influenza atau mau berbagi cara mengobatinya?

4 Comments

  1. rangtalu says:

    haaatciim haatciimmm
    *) maaf sedang flu

    Like

    1. HaKim says:

      ketularan atau kehujanan mas? 🙂 he he

      Like

      1. HaKim says:

        semoga lekas sembuh dari kelatahan influenza, he he.

        Like

Leave a Comment