Pengendalian diri dalam riset

Hal yang sudah wajar kita saya lakukan adalah menargetkan publikasi internasional pada jurnal bereputasi. Selain hal tersebut akan meningkatkan reputasi keilmuan seseorang, publikasi internasional juga memungkinkan project riset baru dapat di raih. Hal ini berarti menguatkan institusi dan laboratorium atau lembaga dimana kita berada. Meskipun demikian, terkadang kita saya terlalu berambisi dengan ide kompleks.

Saya sendiri menyadari bahwa hal tersebut tidak salah. Jurnal internasional menginginkan riset yang baik dan komprehensif. Namun, ambisi yang terlalu besar membuat penelitian yang dilakukan berkesan mengada ada tanpa alasab riil atau bahkan seperti pasar tradisional yang menyediakan semua data tanpa satu tujuan yang jelas. Kalau boleh disebut, penelitian seperti ini adalah penelitian gado-gado. Asal campur yang penting pakai bumbu kacang.

Hasil dari penelitian model ini juga seperti bumbu gado-gado tersebut. Dikacangi oleh reviewer. Diskusi yang berlangsung kemarin dengan Prif Indra Jaya (IPB) dan Dr. Carsten Thoms (DAAD) menunjukkan hal yang sama sekali berbeda. Suatu riset harus diperhatikan dengan seksama. Pertanyaan tujuan apa jauh lebih relevan dibandingkan sebanyak apa yang kita bisa berikan. Oleh karena itu, rancangan penelitian yang baik serta novelty menjadi lebih urgent untuk kita pikirkan.

Terkait dengan hal tersebut, saya sering ditanyakan bagaimana agar penelitian kita relevan? Jawabannya adalah jawaban klise yang semua orang sudah tahu: membaca banyak artikel jurnal ilmiah yang banyak. Ada yang mengatakan perlu membaca minimal 10 artikel ilmiah sebelum menulis proposal skripsi. Beberapa yang jauh lebih senior mengatakan 100 artikel. Nah, kalau menurut saya yang lebih tepat adalah membaca sebanyak banyaknya hingga menemukan state of the art penelitian kita sendiri. Selamat berfikir kembali.

Asrama internasional IPB, 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s