Menulis abstrak MST CAREER

Hasil diskusi di MST CAREER hari ini lebih banyak saya tangkap mengenai abstrak. Abstrak pada penelitian memiliki fungsi yang tidak dapat digantikan oleh apapun, baik pendahuluan, metode ataupun hasil dan pembahasan. Abstrak merupakan wajah dari penemuan yang telah dilaksanakan. Meskipun demikian, banyak peneliti menganggap abstrak sebagai hal yang remeh.

Sebaliknya, abstrak justru digunakan sebagai bahan baku utama untuk menentukan apakah penelitian yang dilakukan pantas untuk diberikan perhatian, pendanaan, diskusi lebih lanjut, ataupun kolaborasi riset. Lebih lanjut Prof Indra Jaya menyampaikan bahwa hal utama ketika beliau menjadi reviewer dan menentukan sebuah proposak akan dibiayai atau tidak adalah abstrak.

Dr. Thoms, salah satu pembicara inti dalam workshop ini menyampaikan strategi untuk menentukan apakah penelitian yang dilakukan sudah baik atau belum. Hal tersebut ialah:

1. Tujuan/pertanyaan ilmiah apa yang ingin dijawab melalui penelitian ini?
2. Bagaimana metode penelitiannya?
3. Apa hasil utama penelitian ini?
4. Apa relevansi dengan dunia lebih luas?

Meskipun demikian saya tidak dapat memberikan penjelasan lebih komplit. Hal ini dikarenakan menyusun abstrak sebuah kegiatan praktik, bukan teori. Ada baiknya belajar langsung kepada mereka yang ahli dalam menyusun karya ilmiah level internasional.

Asrama internasional IPB, 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s