Kembali ke mikrobiologi dan bioteknologi

Besok saya akan mengajar mata kuliah pengolahan hasil perikanan dengan tema fermentasi. Berbicara tentang fermentasi, saya jadi teringat penelitian s1 dan s2 saya yang dua-duanya berkutat tentang fermentasi ikan. Penelitian s1 saya tentang isolasi dan identifikasi khamir dan kapang pada proses produksi kecap ikan,  sedangkan pada penelitian s2 mengenai bakteri asam laktat ada produk fermentasi ikan tradisional.

image

Kedua penelitian itu telah menjadi batu pijakan untuk bidang yang saat ini saya coba kembangkan: mikrobiologi dan bioteknologi kelautan. Oleh karena itu, saya membentuk grup riset dengan nama Microbiology and Biotechnology Research Group (MBRG). Meskipun demikian, saya merasa waktu untuk melakukan passion saya teramat pendek. Ada harapan besar dalam dada saya untuk dapat melakukan lebih banyak riset daripada tugas administrasi. Sebab, administrasi tidak akan habis, sedangkan waktu untuk penelitian dapat habis.

Kembali ke mikrobiologi dan bioteknologi.  Ini adalah harapan besar saya dalam berkiprah di dunia. Bukan untuk mendapatkan sanjungan ataupun penghargaan, namun menawarkan solusi bagi bangsa melalui bidang keilmuan spesifik kita. Apapun itu.

(Rumah-persiapan ngajar)

Advertisements

Published by

HaKim

mari mengenang masa lalu mari menghayalkan masa depan mari memikirkan masa kini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s