Nuansa kampus islami

Sore kemarin saya berdiskusi dengan mahasiswa kerohaniahan islam. Beberapa hal yang menarik adalah program kerja yang mereka susun. Ada beberapa program kerja yang merupakan turunan dari program kerja sebelumnya, dengan kata lain proses evaluasi belum berjalan dengan baik. Meskipun demikian, kehendak untuk berbuat baik dan membumikan islam sehingga tidak eksklusif saya berikan apresiasi yang besar.

Berbicara tentang membumikan islam, saya mengasosiasikan dengan nuansa islami. Mengutip paradigma islam Kuntowijoyo, islam semestinya dibuat terbuka sehingga dapat diterima oleh semua kalangan, lalu tahap berikutnya adalah menjadi kultur yang meresap di dalam masyarakat barulah ideologi itu dapat tegak berdiri. Oleh karena itu, membumikan islam di kampus semestinya diawali dari membuat islam dapat diterima semua civitas, lalu menjadikan kultur islami itu mendarah daging pada setiap diri.

Terkait dengan hal tersebut, saya merindukan nuansa kampus yang penuh cahaya. Pagi betul mahasiswa datang dengan pakaian rapi nan wangi, datang pertama langsung mencium tangan para guru, dilanjutkan shalah dhuha dan tilawah. Ketika jam menunjukkan waktu belajar dimulai mahasiswa bergegas sambil berdzikir, berdoa agar ilmu yang akan mereka peroleh dapat ditransformasi menjadi amal dan akhlaq, dan memulai langkah dengan basmallah. Selesai kuliah mereka berbondong menuju masjid untuk shalat dhuhur diawali dengan qobliyahnya. Setiap sepekan sekali berkumpul dan khataman Quran di kampus, dilanjutkan makan dan shadaqah. Dan hal tersebut terus dilakukan hingga tahap demi tahap membumikan nilai islam dapat terwujud.
(Pagi sebelum ke kampus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s