Makna sebuah prestasi

Makna sebuah prestasi,  besar maupun kecil, bagi sebagian orang adalah sebagai tujuan. hal ini membuat mereka mengejar prestasi. Dan, hal yang sama pernah saya lakukan sebagai proses pencarian. Baru kemudian, setelah beberapa prestasi yang diharapkan itu tercapai, saya tahu bukan prestasi yang saya cari.

image

Setelah berdiri di podium, membacakan puisi, disambut tepuk tangan, saya tahu mereka bertepuk tangan karena prosesi, bukan karena mendengarkan saya. Mereka (dan saya) menepuktangani betapa rendahnya cita-cita mengejar prestasi itu.

Dari perenungan itu saya mencari tahu jawaban kegundahan hati. Dan saya menemukan bahwa cara menganalisis dari sejarah diri, adalah sebuah cara yang cukup manjur dan jujur.

Sore itu saya menuliskan prestasi yang telah saya koleksi dan membuat sebuah catatan peristiwa yang saya alami ketika menerimanya. Salah satu yang membuat saya terhenyak adalah salah satu prestasi ketika menjadi juara umum di SD. Namun, begitu sampai di rumah dan saya tunjukkan prestasi saya, ayah saya hanya tersenyum tanpa hirau.

Titik ini saya semakin termotivasi mencari prestasi. Prestasi prestasi dan prestasi. Namun, harapan akan penghargaan ayah tidak juga datang. Hingga akhirnya saya menyerah dan tak lagi prestatif. Ternyata saya mencari penghargaan ayah saya, bukan juara piala atau sertifikat apapun dan itu tak saya terima.

Suatu sore selepas saya menyelesaikan sarjana, saya menghampiri ayah dan mencium tangan beliau yang kasar. Dengan tulus saya meminta doa akan keberhasilan di masa mendatang. Suatu hal yang mengejutkan terjadi, sebuah senyuman yang lebar dan pelukan. Ayah yang selama ini bak manekin luluh dengan sebuah jabat tangan. Dan saat itu, saya tahu. Inilah prestasi itu.

Dengan demikian, saya melihat bahwa prestasi yang sebenarnya adalah ibadah setulus tulusnya dan berusaha sebaik baiknya. Dengan kedua hal tersebut lahirlah ketulusan dan kejujuran. Dan dari ini lahirlah prestasi hakiki.
(Kamartua. Jogja)

2 Replies to “Makna sebuah prestasi”

Leave a Reply

