Aku merenung

aku merenung, dan aku mencari diriku

lantas aku yang tolol menemukan

kekosongan dan kehampaan

dan tiba-tiba, aku telah menjelma

menjadi pohon yang kering

aku yang kering dan kaku

menjaring uap air dari udara

dan kutemui, nafas dunia

kusapa ia yang terlelap

namun tetap hidup

maka hidup mereka

kuhirup dalam pokok kayuku

 

aku yang mulai menemukan hidup

merangkul angin dan kosong

hingga perlahan lapuk dan lunak

jatuh menjelma tanah

rumput-rumput

merubungi tubuhku dengan nyawanya

lalu aku mulai menyala

di kegelapan malam

 

aku merenung

dan aku menemukan

nyawa di lumut jiwaku

 

“c’est a la vie Mr. Jati”

Leave a Reply

