Sterilisasi

Sekian lama berurusan dengan mikrobia, selalu ada yang dikaitkan dengan sterilisasi. Sebab sterilisasi merupakan salah satu teknik aseptis dalam pelaksanaan penelitian mikrobia. Nah, sterilisasi sendiri ada beberapa jenis, yaitu kimia dan fisika. Secara kimia, metode yang biasa digunakan ialah menggunakan alkohol 70% untuk melisiskan (membuat dinding sel bakteri kocar kacir dan akhirnya tidak bisa berkembang (mati)). Cara lain secara fisika ialah dengan menggunakan fisika. Secara fisika, dapat menggunakan penyaringan, suhu tinggi, suhu bertekanan.

Kali ini, saya mengalami apa yang disebut dengan suhu bertekanan. Ada bagian dalam diri yang mengharapkan penghargaan dari siapapun, namun di sisi lain saya sendiri tidak ingin terjun dalam bidang yang saya sendiri tidak bisa nikmati. Nah, inilah yang menyebabkan akhirnya banyak tekanan. Tekanan di pikiran memang benar-benar tidak membuat tubuh menjadi nyaman. Sistem imunitas tubuh ikut menurun dan akibatnya jauh lebih mudah sakit daripada biasanya.

Kemudian, ada hal menggelitik dalam pikiran saya “kok mirip dengan autoklav ya”. Yup autoklav itu ialah alat presto, biasa digunakan untuk membuat presto (kuliner) tapi di laboratorium digunakan untuk sterilisasi peralatan mikro, seperti petridish, medium tanam bakteri, dll. Kalau demikian, saya jadi sedikit enlighted bahwa ya paling tidak apa yang saya alami saat ini ialah untuk sterilisasi pikiran dari semua patogen. Biarlah bagian saya yang menginginkan penghargaan itu disterilkan atau dipresto biar jadi empuk, dan jauh lebih enak dimakan oleh siapapun. Kan dua-duanya efek baik dari tekanan.

Leave a Reply

