Transformasi Seorang Hamba

Lantas, betapa panjang malam yang kita lewatkan untuk tidur. Betapa kerlip lampu tak lagi mengingatkan kita pada gelap. Dan betapa sinar terik matahari mengalirkan peluh dan keluh dari wajah dan lidah kita. Aku tak lagi mengamati dunia, hanya memandang bayang-bayang fana. Lantas aku mencari cermin untuk melihat masa kini adalah kekinian, dan transformasi hanyalah urusan ruang.

Disinilah kita, berada di titik yang bersambung. Antara dua titik itu dipisahkan oleh waktu, dan antara dua waktu terisilah apa yang disebut dengan eksistensi. Aku tak mengatakan bahwa kita telah usai, tak akan pernah sepanjang memori masih bisa menjangkaunya. Begitulah cerita-cerita lama tak usang meski terus dibacakan sebelum tidur sebagai dongeng kanak. Begitulah mengapa kitab-kitab langit dan bumi menjamur di pikiran tanpa menghasilkan apapun kecuali ekstase. Aku menolaknya, namun sekaligus menikmatinya. Tak perlu tahu, cukup merapal doa-doa.

Kini, di dalam kekinian itu sendiri. Aku merenung dan dalam perenungan itulah akhirnya aku mulai berubah. sedetik waktu, segecer debu. Dan dengannya aku melihat transformasi tak selalu melulu utuh, penuh, komprehensif. Namun cukup satu detik, satu debu untuk menikmati doa pada tiap rukuk dan sujud punya makna, untuk memaknai kedip dan senyum kekasih sebagai bunga, untuk merasakan tepuk pundah seorang teman sebagai kehangatan hidup, untuk memaknai tiap sejuk air wudhu ialah pemadam api jahim. Ya, aku merasai itu sekarang. Ekstase transformasi seorang hamba, meskipun hanya satu detik, satu debu.

Published by

HaKim

mari mengenang masa lalu mari menghayalkan masa depan mari memikirkan masa kini

Leave a Reply

