Kegelapan

Mataku, mengatuplah. Lihatlah dalam ketidakpenglihatanmu. Hitam yang kau kira, hanyalah karena tiada cahaya yang bisa kau hirup dalam cekung lekuk kornea dan pupilmu. Maka, mengapa kita hanya berdiskusi tentang warna, cahaya, dan lupa akan kegelapan? bagiku kegelapan adalah teman yang paling menyenangkan untuk diajak berbincang dalam diam. Ia demikian setia padaku, dan aku selalu mengkhianatinya dengan sempurna. Melupakannya diantara mimpi-mimpi yang sebetulnya kulukis sendiri dalam kegelapan.

Kau mungkin mengira aku cukup gila, namun demikianlah aku mengira diriku sebelum akhirnya kutahu aku tidak. beberapa kali kuyakinkan aku memang pantas untuk menjelmakan diri menjadi kegelapan itu sendiri, menjauh dari cahaya yang kau sebut cinta, lalu bila ada kesempatan menghilang dibalik black hole yang konon menjadi massa paling tak tertahan dalam hitungan yang entah. Namun aku bisa meyakinkan diriku untuk bangkit dan menjadi apapun, berteman dalam kegelapan, dan tak takut pada cahaya. Sebab semua ini adalah titik diantara kehampaan, sebelum aku membuka tabir-tabir yang menghantarkanku pada cahaya yang tiada cahaya di atasnya. Dan akupun masih berharap, mataku, kau tak menyaksikan kegelapan dibawah kegelapan yang telah tersulut sebelum Adam diciptakan.

Mataku, mengatuplah. Lihatlah kegelapan ini menjadi obat pada diri yang letih mengeja huruf, kata, angka dan rumus-rumus. Aku ingin berdamai denganmu, memberikanmu sebuah proposal di awal pagi ini, bahwa nanti pukul 4 kau boleh kembali terbuka, melihat seberkas cahaya disekelilingmu, dan berlinang bersama menatap bayang-bayang yang paling bisa kau yakini.

 

6 Replies to “Kegelapan”

      1. ups.. pertanyaannya sensitif pak. hahhaaa..
        iya nih, tiap malem menjalankan ritual “nggara Tugas Akhir” hehe mohon doanya pak 😛 hihiih

Leave a Reply

