Anomali Pengalaman Hidup

Kau mungkin pernah melakukan keburukan. Atau kau menyembunyikan tanganmu yang terluka karena kau menganggap dirimu cukup bodoh untuk terluka. Tapi aku tak menyalahkanmu, aku tak menyalahkan tiap hal yang membuatmu belajar. Namun, ada kalanya kita menjadi anak-anak kecil kembali dan belajar lebih baik dari kesalahan daripada dari kebenaran, kebaikan, sesuatu yang berjalan normal. Ah, betapa anehnya orang-orang yang mengaku menjadi dewasa dengan melupakan hal ini, lalu menjelma dewa arogan yang menganggap kesalahan itu adalah hal yang memalukan.

Oi, siapa itu yang mengaku kata-kata ini salah. Apakah kau si arogan itu wahai diriku? atau bahkan orang lain yang mengira diri mereka gagal? Aku tak tahu. Tapi mungkin agaknya demikian pula, kita selalu jatuh cinta pada orang yang salah dan melupakan yang semestinya kita cintai. Kita sering juga membenci seseorang yang selalu menolong kita, serupa para nabi yang dibenci oleh kaumnya. Bahkan ada pula yang dibunuh oleh yang mereka cintai. Sepertinya demikianlah anomali dunia kita, tapi tak perlu menyesalinya. Sekali lagi tak perlu menyesali yang telah lewat bila itu membuatmu belajar menjadi yang lebih baik.

 

Advertisements

Published by

HaKim

mari mengenang masa lalu mari menghayalkan masa depan mari memikirkan masa kini

4 thoughts on “Anomali Pengalaman Hidup”

  1. Melakukan dan belajar dari kesalahan berarti experience life. Terkadang kesalahan di masa lalu itu harus terjadi untuk membentuk diri kita saat ini dan di masa depan.

    Like

    1. betul, memang kesalahan adalah guru paling bijak. Ia dihujat walaupun memberi kita pelajaran paling bermakna untuk tak lebih buruk. ia kita benci walaupun ia mencintai kita dengan sepenuh jiwanya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s