Tak Tergenggam

Apa yang sungguh kukejar dalam hidup. Mereka seperti bayang-bayang yang memanjang dan memendek seiring dekat jauhnya cahaya dari mataku. Bila cahaya dekat, akupun ekstase dan merasa yang kukejar, mimpi, cinta, kedudukan, penghormatan, sedemikian dekat di bawah telapak kakiku. Terinjak dan hina. Namun masih tak mampu kugenggam.

Bila cahaya itu kujauhi, akupun terengah, nafas tersengal, mata menajam menatap bayang-bayang itu memanjang. Menjauh dari apa yang kuharap bisa kupegang, kugenggam. Dan lantas, aku pun berlari mengejarnya, semakin dan semakin cepat. Namun makin cepat kuberlari, makin jauh ia memanjang, makin tak terkejar.

Lantas akupun terdiam, membiarkan cahaya dan bayang-bayang itu saling memunggungi. Disini, tak ada lagi yang kukejar, dan betapa kusadari memang tak terkejar. Disini ada yang kudekati, dan betapa kusadari ia memang senantiasa Ada. Maka, kemana kau wahai diri akan melangkah? Menuju yang Ada, atau mengejar hampa?

Maka mimpi yang kukejar membangunkanku, cinta yang kukejar mengkhianati dan membenciku lebih dari seribu dendam, kedudukan yang hendak kutaklukan menginjak punggungku yang telanjang, hingga aku tinggal sampah di lautan. Lantas akupun berbalik dan berjalan tertatih, memanggul setiap luka dan kegagalan. Ku kemas keduanya dalam penyesalan panjang yang tak bisa kuulangi. Lantas, air mata yang tak terlihat menetes. Ia tahu, betapa aku telah ia nantikan. Namun terus ku khianati. Ia tahu, betapa aku mengharapkannya, namun terus kubantahkan. Kini, apa lagi yang tersisa selain berjalan menuju-Mu tanpa apapun yang kupunya. Sebab kata ini, sesal yang hampir menjelma berhala di dada ini, dan setiap sel dalam tubuhku ialah punya-Mu. Dan hanya menuju Cahaya, semua yang kukejar mengejarku. Namun tetap… tak tergenggam oleh tanganku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s