Learn English

Setahu saya, anak-anak kecil yang terlahir dari orang tua yang berbahasa Inggris, Perancis, Italia, atau Swahili sama sekali tidak membaca buku untuk belajar bahasa. Mereka tentu tidak mempelajari apa yang disebut dengan Subject, verb, Adjective, atau yang lainnya. Mereka juga tidak mempelajari apakah subject harus di depan verb atau yang lainnya. Tapi pada usia 3 atau 4 tahun mereka sudah bisa berbincang dengan lancar, nyambung, dan lebih hebat dari kita.

Lalu apa yang mereka lakukan dan tidak kita lakukan? Apa yang membuat mereka dalam waktu 3 atau 4 tahun bisa bahasa inggris sedangkan kita sejak SD sampai Kuliah hampir lulus, atau bahkan yang sudah lulus belum juga bisa berbahasa Inggris. Beberapa bahkan ngeri ketika ditanya dengan bahasa Inggris atau diminta berbincang dalam bahasa Inggris. Apa salahnya? Ah tidak ada salahnya. Yang perlu kita tanya adalah : apa yang anak-anak kecil itu lakukan dan tidak kita lakukan?

Dan menurut ego saya yang rada tidak keren, jawabannya adalah mereka mendengarkan dan menggunakan. Mereka mendengarkan omongan orang tua mereka dan menggunakannya untuk mengungkapkan emosi mereka dalam keseharian. Lalu, apa yang kita lakukan? membaca teks book, bingung dengan tenses, merasa tidak tahu apa yang dikatakan dalam listening part dan berikutnya…. sembunyi pada alasan. Menurutmu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s