Karbohidrat dan jenis karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber kalori utama bagi makhluk hidup. Jumlah yang dihasilkan oleh 1 gram KH adalah 4 kilokalori (kkal/Kal), lebih rendah jika dibandingkan protein dan lemak. Karbohidrat biasanya didapatkan dari tanaman yang mereaksikan karbon dioksida (CO2) dengan air dalam reaksi fotosintesis menghasilkan karbohidrat sesuai dengan rumus berikut:

Ilustrasinya:

Dari reaksi yang terjadi dalam fotosinstesis dapat dihitung energi yang dihasilkan per gram karbohidrat sebanyak 675 kkal. Setiap molekul heksosa berikut:

membebaskan sebanyak 675 kilo kalori dalam reaksi kebalikan. Dari pengukuran menggunakan kalorimeter, pembakaran sempurna 1 mol heksosa sederhana menjadi CO2 dan H2O akan menghasilkan energi sebesar 675/180 = 3,75 kilo kalori per gram.

Pembakaran sukrosa memberikan 3,95 kkal per gram dan memiliki efisiensi 98%. Analisis yang biasa digunakan adalah analisis proksimat dengan rumus sebagai berikut:

% karbohidrat= 100% – %(protein + lemak+abu+ air).

Hikmah kita hari ini: energi yang kita gunakan ternyata dari tanaman, tanaman mengumpulkannya dari alam berupa CO2, air dan cahaya matahari. Matahari yang bersinar gratis-tis-tis selama jutaan tahun untuk manusia dan alam ini ialah nikmat yang tak bisa dihitung. Maka, yuk bersyukur selalu. Ambil nafas panjang dan katakan alhamdulillah… πŸ˜€

Advertisements

4 Replies to “Karbohidrat dan jenis karbohidrat”

  1. bikin saya memandang tumbuhan lebih mulia dari sebelumnya. mereka lebih tua dari kita. dan mereka sudah menjadi pemberi kehidupan terbesar setelah matahari. Subhanallah jika memikirkan bagaimana Allah menjamin jatah rejeki setiap makhluk-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s