Memoar BIOTEK

Ada tikungan yang tak bisa dihindarkan tapi kalau lurus, bisa nyeblok di sawah-sawah. Itulah perjalanan yang selama ini saya anggap sebagai takdir. Kelokan takdir namanya. Namun, mungkin saya akan bagikan tentang tema itu kapan waktu kalau senggang, he he.

Kali ini saya sedang duduk di depan komputer dan online. Setelah berkutat dengan http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0040402013001609 akhirnya saya memutuskan untuk membuka laman ini. Entah kenapa, tiba-tiba teringat kata-kata kang https://www.facebook.com/mb.kelana sebelum lulus dari bioteknologi. “Ente musti membagi ilmu itu” dan bla-bla-bla… sory brother, I just remember this piece of your word :). Nah, nampaknya hutang itu akan mulai saya bagikan mulai dari laman ini.

First of all, saya hanya menceritakan latar belakang saya mengambil kuliah master di Bioteknologi. Judulnya Memoar biotek. Nah, awalnya saya kuliah di program studi Teknologi Hasil Perikanan bersama dengan 24 orang penghuninya. Pelajaran yang paling tidak mengenakkan jujur adalah mikrobiologi, dan karena itu saya mengambil penelitian akhir mikrobiologi (kok bisa? entahlah… ask my past). Setelah itu bantu-bantu Dr Murwantoko dan mbak Dini Wahyu Kartikosari (yang sekarang kuliah S3 di NAIST, ganbatte Sari sensei) di Jatim, BBAP Situbondo tepatnya.

Langkah berikutnya adalah saya di’suruh’ Dr Murwantoko untuk apply S2 Bioteknologi dan sayapun ambil. just that simple, akhirnya saya kuliah di S2 Bioteknologi, meniru gaya semua dosennya, menggambar setiap grafik yang mungkin, jalan-jalan bareng temen-temen, kenal sama geng Tarunawati (geng ping pong lantai 3, Hello Mr Puri, where are you), kenal mas Romadhon, S.Pi, penelitian BAL (bakteri asam laktat), dilanjutkan dengan lulus pada waktu yang cantik. Satu tahun sebelas bulan dengan IPK pas-pasan, ndak bisa naik ndak mau turun. Okay, thats all my memoar for Bioteknologi. Kapan-kapan saya ceritakan personil Tarunawati dan Bioteknologist 2010.

Best Regards.

Leave a Reply

