Feel Rich Righ Now

Pagi ini, ada yang menggelitik pikiranku tentang definisi kaya. Apakah harta yang selama ini ditumpuk menumpuk-numpuk dipelupuk, dipeluk itu bakal membuat kita kaya? Ah, logikaku menjawab iya, dan karenanya, ketika banyak kesempatan mendapatkan harta terlewat, sepertinya aku merasa bertambah miskin. Begitulah logika dasar yang telah ditanamkan sejak aku mendapatkan itung-itungan matematika SD. Tapi pagi ini juga aku membaca sebuah cerita riil yang sangat menarik, berikut ceritanya:

Ibnu Hibban menceritakan (meriwayatkan) bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi nasehat berharga kepada sahabat yang bernama Abu Dzar. Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu berkata,  “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata padaku,

Wahai Abu Dzar, apakah engkau memandang bahwa banyaknya harta itulah yang disebut kaya ?” “Betul,” jawab Abu Dzar.

Beliau bertanya lagi, “Apakah engkau memandang bahwa sedikitnya harta itu berarti fakir?” “Betul,” Abu Dzar menjawab dengan jawaban serupa.

Lantas beliau pun bersabda, “Sesungguhnya yang namanya kaya (ghoni) adalah kayanya hati (hati yang selalu merasa cukup). Sedangkan fakir adalah fakirnya hati (hati yang selalu merasa tidak puas).” (HR. Ibnu Hibban. Syaikh Syu’aib Al Arnauth berkata bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Muslim)

Hm… aku memiliki logika Abu Dzar rupanya. Dan akupun yakin bukan hanya aku sendiri yang punya logika ini, tapi itu tak salah kok. Buktinya Rasulullah tidak mengatakan “kamu salah wahai Abu Dzar” namun ini masih kurang tepat. Yang tepat mengenai definisi kaya ialah hati yang merasa cukup. so, sudah merasa cukupkah hatiku pagi ini? astaghfirullah kok belum ya… ternyata mengamalkan islam itu memang butuh kesungguhan…

Advertisements

4 Replies to “Feel Rich Righ Now”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s