Cikungunya

Wedew, jarang juga saya posting tentang penyakit, apalagi yang berkaitan dengan bidang saya (bioteknologi), tapi ya sekali-kali tak mengapalah. Kali ini saya mau cerita tentang penyakit cikungunya. Berikut ciri-cirinya:

Gejala-gejala Demam Chikungunya adalah

  • Demam mendadak tinggi, disertai menggigil dan muka kemerahan. Panas tinggi selama 2-4 hari.
  • Sakit persendian. Nyeri sendi merupakan keluhan yang sering muncul sebelum timbul demam dan dapat bermanifestasi berat, sehingga kadang penderita merasa lumpuh. Sendi yang sering dikeluhkan: sendi lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang.
  • Nyeri otot. Nyeri bisa terjadi pada seluruh otot atau pada otot bagian kepala dan daerah bahu. Kadang terjadi pembengkakan pada pada otot sekitar mata kaki.
  • Bercak kemerahan ( ruam ) pada kulit. Bercak kemerahan ini terjadi pada hari pertama demam, tetapi lebih sering pada hari ke 4-5 demam. Lokasi biasanya di daerah muka, badan, tangan, dan kaki. Kadang ditemukan perdarahan pada gusi.
  • Nyeri kepala: nyeri kepala merupakan keluhan yang sering ditemui.
  • Kejang, biasanya pada anak karena panas yang terlalu tinggi, jadi bukan secara langsung oleh penyakitnya.
  • Gejala lain. Gejala lain yang kadang dijumpai adalah pembesaran kelenjar getah bening di bagian leher

Nah, kalau penyebabnya sih virus, jadi tidak perlu antibiotik tentunya. Problemnya sekarang adalah kok saya demam tinggi mendadak, sakit sendi terutama lutut, kaki, tangan, nyeri otot kepala dan bahu, pembengkakan pada otot sekitar mata kaki, ruam pada kulit, nyeri kepala, kejang, pembesaran kelenjar getah bening sekitar leher, mual-mual dan hampir muntah, lemes banget sampai susah jalan. Yah, paling cuma sakit cikungunya. Alhamdulillah. Kata mbah Gugle sih ngobatinnya istirahat saja plus air kelapa. Praktik ah….

Advertisements

4 Comments

    1. Amiin. ini masih agak tertatih-tatih, terhuyung-huyung dan sering ketawa. betapa seringnya saya tidak bersyukur atas nikmat yang namanya bisa berjalan tegak (lebih tegak dari manusia purba homo erectus) 🙂
      terima kasih awardnya

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s