Mengapa kita (tidak) bebas?

Mengapa kita (tidak) bebas ketika menghadapi sesuatu yang sering disebut ‘masalah’ dalam hidup? Beberapa mengatakan karena masalah itu mengikat kaki kita sehingga ketika melangkah terasa berat. Beberapa diantara kita yang lain mengatakan masalah itu seperti beban berat yang dibebankan di punggung kita. Nah yang terakhir membuat kita mirip dengan, maaf, kuli.

Memang tidak ada salahnya menjadi kuli dalam kehidupan sehari-hari, saya bahkan bangga pada mereka. Apa pasal? mereka memilih menjual tenaga dibandingkan menebalkan muka untuk mengemis. Lantas kenapa mengambil analogi ini? Sebab orang yang menjadi kuli masalah pekerjaannya hanya mengeluh,mengeluh dan mengeluh. Ini yang membuat orang lain, termasuk saya, telinganya merah dan rasanya bindeng untuk mendengarnya.

Solusinya apa? Saya juga terus bertanya-tanya mengapa kita (tidak) bebas dalam hidup kita? Akhirnya beberapa waktu silam ketika menghadiri sebuah pengajian, Pak Ustadz mengatakan

“Apa yang membuat kita tidak bebas adalah kita menganggap sesuatu yang tidak terkait dengan akhirat itu luar biasa dan menganggap yang berakaitan dengan akhirat biasa-biasa saja.

Sebagai contoh: kaya-miskin itu biasa atau luar biasa?

Peserta menjawab “luar biasa’

lalu beliau bertanya ‘ada hubungannya dengan akhirat?”

jawabannya ‘tidak’, berarti? ‘biasa-biasa saja’

kemudian beliau bertanya ‘apakah sehari tidak baca Al Quran itu biasa atau luar biasa?”

peserta terdiam.

Jawabnya tentu luar biasa, tapi kita terlanjur menganggapnya biasa-biasa saja. Mungkin hal ini yang membuat kita (tidak) bebas.  

Advertisements

19 Replies to “Mengapa kita (tidak) bebas?”

      1. sepakat, cara menghadapi masalah, sudut pandang bisa jadi solusi tepat mas. Pernah tidak mengalami suatu masalah yang sulit dicari sudut pandang terbaiknya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s