Membebaskan Memerdekakan

Meminjam istilah Pak Agus M. Irkham, menulis itu semestinya: “membebaskan1?”

Nah, problemnya saat ini sih kita banyak menulis tapi terikat dengan semua aturan yang justru tidak membebaskan. Tidak percaya? Semisal kalau ikut kumpulan penulis eh ternyata ada embel-embel ‘harus menulis dengan tema A, C, D, atau F” bukankah itu membatasi kebebasan, kemerdekaan seorang penulis?

Ah, biarlah bisa jadi ada yang membela kok. “Itu untuk belajar menulis Pak”, ketika mendengar alasan ini saya senyum-senyum saja. Memang menulis itu harus belajar ala ‘paksaan’ atau ‘dipaksa’ seperti itu? Menurut penulis-penulis yang telah terbang melangit di cakrawala, mereka sama sekali tidak ada keharusan ataupun paksaan untuk menulis. Apa pasal, karena menulis adalah bagian hidup mereka, bagian hidup kita, yang membebaskan kita, yang memerdekakan kita.

Bisa jadi orang mengatakan kalau paksaan dari orang lain itu perlu karena kalau tidak terpaksa tidak menulis. Untuk alasan ini, jujur, adalah alasan yang sudah sekian lama saya sematkan di dada. Seperti penyematan seorang anggota pramuka yang bangga karena sudah tidak pakai label barong, tapi sudah pakai simbol penggalang. Untuk menghancurkan mental block terakhir ini saya harus hampir gila dan berkeliaran di jalan-jalan. Eh setelah menulis puisi, ikut membacanya di salah satu stasiun radio Jogja, dan bergaul dan menulis seenak gue ala jalanan, alhamdulillah ALlah memberi kemerdekaan itu. 

Saat ini, menurut saya, menulis dengan bahagia, tanpa embel-embel apapun, tanpa niat apapun kecuali untuk mempersembahkan diri pada Allah, inilah yang benar-benar membebaskan. Bagaimana menurut kalian? apa makna menulis bagi kalian?

Advertisements

10 Comments

    1. bagaimana menurut mas Hilman kalau mencari penerbit yang sesuai dengan kebebasan alih-alih memilih penerbit yang ‘memaksa’ (untuk tidak mengatakan menjajah) kita untuk menulis sesuatu? Mungkin kebebasan kita masih terjaga kali ya… 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s