sel jilid 2 mekanisme interaksi/komunikasi antar sel

melanjutkan tulisan kemarin, maka kalau sudah kita kenali sel-sel dalam diri kita yang jumlahnya milyaran itu… bagaimana bisa membentuk suatu yang disebut “saya”? 

Yang pasti mereka saling kenal, saling tahu lalu saling berbicara satu dengan yang lain untuk membantu

Bagaimana mereka saling bicara, saling tahu, lalu saling membantu? dengan yang disebut dengan SIGNAL TRANSDUCTION…. ah… kali ini saya tidak ingin membicarakan detailnya. semua juga bisa mengetik dua kata itu di bagian pencarian g00gle dan mendapatkan penjelasannya…. namun disini saya ingin bicara tentang mendapatkan pelajaran darinya…. 

Kalau boleh jujur… pelajaran yang bisa kita dapatkan dari hal tersebut ialah :

1. sel tahu kalau mereka sendiri tidak akan bisa cukup untuk hidup lebih lama… lalu mengapa kita merasa sok kuat, sok perkasa, sok hebat kalau TOH tubuh kita yang kita banggakan, sel otak yang kita sombongkan, hati yang kita sangkakan hebatnya ini ternyata CUMA susunan sel-sel kecil tak terlihat mata namun saling bekerja sama?

2. Sel-sel itu bekerja sama membantu kita untuk menjadi utuh, mengapa kita terlalu menyiksa mereka dengan berbagai hal, maaf seperti : stress (yang mematikan mereka atau mengganggu komunikasi antara mereka… bayangkan saja ada yang sedang janjian dengan kekasihnya eh tiba-tiba sinyal hape ilang… betapa bingungnya sel-sel kecil itu kalau kita stres hanya karena hal kecil bukan karena hal besar (ibadah misalnya)

3. Kalau sel-sel kecil itu bekerja sama, mengapa kita tak melakukannya untuk membentuk bumi yang utuh, yang lebih baik, yang hijau, yang tentram, yang alami, yang tak ada duanya, yang selalu memperhatikan satu dengan yang lain?

Ah… jadi teringat syair: bila hati yang terasa hangatnya saling bersama

maka tiada yang memisahkan atau menyatukan keduanya kecuali jua cinta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s