Tentang Kepasrahan Pada-Nya

Kalau kujumputi waktu-waktu yang telah berlalu, lalu kupadatkan dalam jantungku, maka kutemukan bahwa takdir selalu mengarahkan kita pada kepastian yang baik. Bila dulu si anak ‘gila’ itu duduk sendirian dipojok kelas sambil mengerjakan soal-soal matematika kakak angkatan, itulah yang membuatnya melintas dari gunung menuju ke perbatasan kota.

Lalu ketika diperbatasan, si anak ‘pendiam’ itu selalu mengutak-atik angka di fisika dan menjelajahi mengapa tanaman berkelok atau semacamnya, itulah yang mengangkutnya dari perbatasan menuju kota.

Maka ketika dikota, si anak ‘ketawa’ itu berubah menjadi pecinta tenis meja walaupun tak punya uang untuk membeli bet (yang paling murah sekalipun). maka waktu itulah yang mengangkutnya menuju lebih utara, sleman.

Sedangkan dimasa-masa berikutnya pertumbuhan tak selalu dibarengi dengan kesialan yang dulu sempat ia pikirkan menjadi jati dirinya. Meksipun empat lima kali ia terpukul dan hampir ‘gila’ betulan, ia bisa bangkit dan kembali bermimpi. sebab mimpi menjadi satu-satunya yang bisa ia lakukan setelah doa.

Lalu mimpi-mimpi itupun terjawab satu demi satu: ketika dulu si anak ‘hampir gila’ itu melintas gedung lengkung dan melihat tulisan ‘ bioteknologi’ maka ia kini ada didalamnya, hampir melepaskannya pula. ketika dulu ia menemukan sepotong kartu pos di jalan mangkubumi bergambar jembatan bertuliskan ‘Kalimantan’ maka beberapa waktu silam ia telah mengunjunginya, dan seterusnya….

Itulah mengapa sebenarnya kepasrahan yang utuh, sebelum, ketika, dan sesudah berusaha kepada-Nya menjadi satu kepasrahan: BAHWA IA TAK AKAN MENYIA-NYIAKAN KITA…. meskipun kita selalu menyia-nyiakan waktu yang dengannya Ia telah bersumpah…..

wab….

Advertisements

4 Replies to “Tentang Kepasrahan Pada-Nya”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s