Pelajaran dari Sebongkah Karang

Ia tegak menahan hempas ombak, beratus tahun, beribu tahun, menanti kikis menghapusnya dari kenangan.

Pelajaran yang pahit memang untuk saya. Hari ini ada hal yang menarik untuk dipelajari, bahwa komitmen kita dalam hal apapun semestinya dibarengi dengan komitmen yang utuh juga untuk menjalankan amanah itu dengan sepenuhnya.

Berawal dari sms untuk menghadap mendapatkan tanda-tangan lembar pengesahan, ternyata hal tersebut berujung jauh dari mudah. Hal pertama yang dihadapi adalah jadwal yang kiya kiyu, meliuk-liuk seperti penari balet yang lentur dan akhirnya tak berujung pada kesepakatan. Anehnya pihak yang semestinya memberikan komitmen lebih justru tidak, sedangkan pihak yang jauh (dan sangat saya kagumi, saat ini berada di luar pulau bahkan) menyempatkan waktu dan jadwalnya untuk berkomitmen pada janji pertama ketika ia diangkat menjadi ‘punggawa negara selalu’ (pns)…

Kemudian, konfirmasi saya lakukan dan alhasil hanya ada jawaban tipis,sederhana, namun sangat melilit : “Belum saya koreksi” dan itupun tanpa permintaan maaf ataupun yang lain. Hanya pendek dan singkat.

Kemudian terlintas dalam benak saya kata-kata sederhana itu : ” Allah tidak tidur, dan semua akan terjadi pada waktunya”… ah namun tidak juga mudah meleraikan jantung yang terlewat terbakar. Hanya entah.

Lantas, kemana lagi saya harus bertanya kecuali pada-Nya. Ini mengajarkan kita untuk berpasrah pada takdir setelah semua upaya berakhir. Ah, sobat, saudari dan saudaraku sekalian. Disini aku meminta doa kalian dengan tulus, yang terlahir dari hati yang lurus, semoga kemudahan akan terkuak dan orang-orang yang tidak memberikan kemudahan diberikan ‘petunjuk’ untuk ‘mengerti’

3 Comments

Leave a Reply

