Bila Tak Sesuai Harapan

Melihat mimpi-mimpi ataupun harapan-harapan yang terjadi tidak sesuai harapan, dan mendengar tawa orang-orang yang melihat ‘ketidaksesuaian’ mimpi dan harapan kita menjadi semacam rasa pedas dalam hidup. Kemudian ketika kita juga ikut mengamati mimpi serta harapan kita sendiri runtuh dihadapan mata membuat semacam perasaan tidak nyaman. Namun, sejujurnya, tak ada yang lebih buruk dibandingkan menikmati kesedihan.

Orang-orang yang menemui jalan buntu dalam harapan dan mimpi mereka melihat jalan itu sebagai waktu untuk berputar dan melihat sekitar. Inilah yang membedakan dengan orang yang justru duduk terpaku mengamati jalan itu sambil menangis tersedu-sedu. Padahal, bila ia mau melewati jalan itu, entah dengan menghancurkan tembok-temboknya ataupun dengan melewati ‘kelokan takdir’ yang lain, ia masih bisa melihat mimpi dan harapannya berada dibalik tembok penghalang itu.

Adalah mereka yang memutuskan untuk menarik nafasnya dalam-dalam sebelum kembali melangkah yang akan menemukan mimpi yang lebih baik. Sebab demikianlah mekanismenya. Kita menginginkan sesuatu terjadi sesuai harapan dan mimpi-mimpi kita sedangkan Allah menginginkan kita mencapai harapan-harapan yang pernah terlontar dalam doa. Disadari ataupun tidak, sebab jalan buntu yang tak sesuai harapan itu adalah kelokan takdir menuju pengabulan doa-doa kita.

Maka , marilah kawan tetap semangat dalam menikmati kesyukuran atas keberhasilan ataupun menikmati waktu-waktu yang berhenti sebelum akhirnya kembali melangkah pergi.

Advertisements

Published by

HaKim

mari mengenang masa lalu mari menghayalkan masa depan mari memikirkan masa kini

10 thoughts on “Bila Tak Sesuai Harapan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s