HarU GurI

Baru kemarin mendapatkan sebuah pesan singkat dari seorang teman yang mengucapkan hari guru. Jujur ketika mambaca catatan tentang hari guru itu mengingatkan saya pada seluruh guru-guru yang mendedikasikan waktu dan tenaga serta pikirannya untuk mendidik bangsa. Kemudian tiba-tiba saya juga melihat fenomena menarik yang membuat tersenyum sekaligus meringis kesakitan. Ketika terdengar seorang guru yang  mengatakan pada saya “Wah sekarang jadi guru susah mas, gaji pas-pasan, hutang menumpuk, waktu habis dan kadang dimusuhi oleh murid dan wali murid”

Ironisnya ketika mendengarkan cerita itu, sang guru tersebut merupakan salah satu guru yang mendapatkan sertifikasi dan gaji ke tigabelas. Apalah lagi ia mengajar dari jam 8 sampai jam 10 pagi dan masih mengatakan waktunya habis untuk mengajar.

Sungguh, bila ditelusuri guru-guru yang sejati justru kadang tak berada di meja-meja kelas. Kadang tak mengenakan pakaian safari. Kadang bahkan tak dapat membaca dan menulis sama sekali. Namun mereka menjadi guru yang benar-benar guru.

Salah satu orang yang saya katakan sebagai guru saya dalam mengatasi masalah psikologis dan permasalahan hidup bahkan tak mengambil kuliah dibidang psikologi. Ia tak mengenakan pakaian seragam kecuali berwarna oranye. Ia tak membawa buku-buku kuliah atau ajar kecuali tiket parkir. Dan ia tak menerima gaji ke tiga belas namun bersedia mendengarkan dan memberikan solusi bahkan sampai jam 2 pagi sekalipun.

Inilah mengapa saya katakan Haru Guri. Sebab kadang tak selalu Hari Guru menjadi baik kalau sekedar memperingatinya tanpa meningkatkan kapasitas dan pelayanannya terhadap ALlah melalui ilmu pengetahuan. Salam Haru gurI….

Advertisements

Published by

HaKim

mari mengenang masa lalu mari menghayalkan masa depan mari memikirkan masa kini

6 thoughts on “HarU GurI”

  1. guru… sekarang banyak orang menjadi guru bukan karena ‘guru’ sebagai guru. tapi guru karena apa yang ia dapat. guru hari ini penuh tantangan seharusnya, jauh lebih hebat dari guru zaman dulu… tapi….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s