Membersihkan Gelas Kosong

Pernahkah melihat gelas kosong yang kusam? Atau memang pernah mengelapnya perlahan-lahan dengan sapu tangan bersih? Bagaimanapun pengalaman kita dengan gelas kosong yang kotor itu memiliki bagian tersendiri dalam ingatan kita. Beberapa kali ada yang mengatakan dengan lembut tentang gelas-gelas kotor itu sebagai pertanda dalam diri. Bila hati kita yang lama tak digunakan untuk berempati, bersimpati, menghayati ayat-ayat sekitar kita dan merasakan penderitaan ataupun kesenangan ia akan mulai kusam. Anehnya akan lebih sulit menghilangkan noda bila ia telah mengering.

Mendengar ada yang mengatakan demikian, saya kembali memikirkan ulang tentang konsep bersih-bersih rumah. Hubungannya dimana? Hubungannya ialah pada sense atau perasaan memiliki rumah dan perasaan mencintai keindahan dan kebersihan.

Kalau demikian halnya, maka sebenarnya kalau kita membersihkan apapun: kotoran dimeja rumah makan ketika memesan menu, kotoran di jok mobil atau motor ketika mau berangkat kerja atau kuliah atau bermain, kotoran dikaca kamar, kotoran dilantai, diatap, dimanapun yang bisa dibersihkan, secara tidak langsung kita juga membersihkan kotoran dalam jiwa kita. Membersihkan kotoran dengan menggantinya pada kecintaan akan keindahan.

Begitulah dunia ini terhubung satu dengan yang lainnya sehingga kita bisa belajar pada sebutir gula pasir yang jatuh diatas meja sekalipun sebagai bukti kehidupan. Maka sebagai seorang manusia marilah kita lihat alam sebagai bagian dari diri dan diri sebagai bagian dari alam. Dengan tidak memisahkan diri dari segala-galanya tersebut, maka jiwa dan raga kita akan merasa hidup. Hidup sehidup-hidupnya 🙂

Advertisements

6 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s