Pakaian Lama

Melihat almari yang lama tak dikunjungi tiba-tiba menarik perhatianku. Sembari memberanikan diri mengakses masa lalu, suara derit pintu almari jati itu serupa pintu mesin waktu. Maka ketika terbuka, semuanya berhamburan dikepala. Mulai dari pemandangan-pemandangan rumah sebelum banyak perumahan, kupu-kupu dan kumbang liar, jangkrik, bahkan kelabang buruan. Tak lupa suara bapak dan ibu yang merdu dalam amarah yang meledak-ledak (I love you all mom, dad), serta selengkap-lengkapnya suka, duka, benci, amarah dan sedih terekam dalam pakaian-pakaian itu.

Ketika menyadari ini, saya akhirnya tersadar ada pelajaran yang coba dibisikkan oleh pakaian-pakaian lama kita pada kita.

Bahwa usia terus berkurang, sedangkan amalan kita semestinya semakin meningkat dan keburukan semakin ditekan. Bahwa suara-suara yang membisikkan kepada kebaikan dalam dada, dalam kepala, dalam mimpi-mimpi malam yang selama ini kita abaikan semestinya mulai diikuti. Bahwa ibadah-ibadah yang terlewati tak dapat diulangi, hanya dikenang dan diistighfari. Bahwa ada kalanya semua kenangan buruk akan menjadi indah dan kenangan baik menjadi mengiris hati. Bahwa semuanya telah menjadi suratan dan kita diminta untuk membuat masa depan yang lebih baik.

Semoga hari ini menjadi titik air mata kesadaran dan mengubah apa-apa yang terlihat menjadi lebih baik. Sehingga yang terlihat itu akan mengarahkan bisikan dalam jiwa untuk terus menerus meningkatkan keshalihan (amin) dan ketaatan. Lalu keshalihan ataupun upaya menuju-Nya tersebut memengaruhi jiwa kita sehingga tiap gerak, langkah, nafas, genggam tangan, serta pandang mata menjadi hidup sehidup-hidupnya.

Satu kata yang mewakili itu agaknya ialah “KAIZEN”……

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s