Kawaichi Sensei

“seberapa besar totalitasmu dalam memperjuangkan mimpi-mimpi panjangmu?” (omar t)

Hari Rabu silam bertemu dengan Kawaichi sensei (NAIST) dan berdiskusi terkait dengan riset yang akan dilakukan. Beberapa masukan mengenai point of view riset juga diperjelas lagi. Hal menarik yang didapatkan mungkin bukan dari diskusi yang menarik itu, bukan pula karena ia dari Jepang, bahkan bukan karena ia menawari beasiswa riset. Tapi karena sikapnya yang tenang, berwibawa sekaligus terlihat sangat menikmati pekerjaannya.

mungkin seperti itulah sikap kita semestinya ketika menghadapi masalah berat, ketika menghadapi tantangan hidup, ketika menemui berbagai keruwetan. Terbayangkah kalau hari senin sudah berangkat menuju Indonesia, selasa simposium ilmuwan, Rabu seleksi penerima beasiswa, kamis mengisi pelatihan isolasi DNA sehari penuh, kamis malam sudah berada di jakarta untuk Jumatnya mengadakan seleksi di UI dan dilanjutkan pergi ke Bogor untuk seleksi pada hari Sabtu.  Sabtu siang sudah berangkat menuju Jepang, dan senin sudah masuk kerja laboratorium mulai jam 8.30-14.30 dilanjutkan 17.30-22.00? jadi teringat kisah seorang dai yang paginya masih di bengketl, sorenya pulang dengan wajah tersenyum, maghrib mengisi ceramah di tempat yang berada 100 km dari kota awal, isya 100 km dari tempat kedua, dan paginya sudah berada standby di depan bengkel tempatnya bekerja. pertama kali datang sebelum karyawan yang lain datang?

Begitulah semestinya kita melakukan totalitas dalam bekerja. bukan, ini bukan workaholik. ini adalah loyalitas terhadap keyakinan yang kita punya. lalu pertanyaannya sudahkah aku? “tap” tiba-tiba pertanyaan ini menampar pipi kiriku…..

Lab.Mikro.2011

Advertisements

Published by

HaKim

mari mengenang masa lalu mari menghayalkan masa depan mari memikirkan masa kini

One thought on “Kawaichi Sensei”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s