Cahaya Terang Dari Wajah Seorang Bocah

Mereka tulus. Mereka melakukan segalanya dengan totalitas. Mereka menjadikan setiap hari adalah istimewa. Mereka bergairah. Melompat-lompat. Mungkin cenderung liar. Tapi orang lain mengamatinya sambil tersenyum. Sangat membahagiakan. Mereka adalah anak-anak kecil.

Ketika tidur tidak ada beban. Ketika bangun tidak ada beban. Ketika menangis tidak ada penipuan. Ketika tertawa apa adanya. Lalu seperti ilmu ghaib yang ajaib juga, orang-orang dewasa yang ada disekitarnya hanya tersenyum…. demikian puas…. demikian melegakan.

Ketika saya melihat anak-anak kecil itu, dan dibandingkan dengan ratusan ribu bahkan jutaan wajah orang dewasa yang pernah berjumpa dijalanan, sungguh berbeda. Walaupun ternyata ada beberapa orang yang terlihat berwajah seperti anak-anak kecil. Itupun tanpa mengurangi kedewasaannya berfikir. Inilah yang hebat. Inilah yang luar biasa.

Orang-orang dengan gaya berfikir seperti anak-anak ini rata-rata adalah orang besar. Mereka memimpin agen-agen kreatifitas. Mereka memimpin organisasi dengan totalitas. Mereka tertawa ketika perlu tertawa. Ada juga yang bahkan bermain kejar-kejaran dengan istrinya. Juga bercanda dengan teman-teman karibnya.

Bahkan Rasulpun demikian. Beliau demikian gemarnya bercanda dengan sahabat-sahabat dekat ketika waktu luang. Inipun sebagai pengisi ruh yang lelah berdakwah. Juga beliau menangis ketika ada yang menyedihkan. Inipun bukan kelemahan, justru sebaliknya, sebuah kelebihan. Ketika ia tersenyum, musuhpun tergetar hatinya. Ketika ia menangis, menangislah para sahabat-sahabatnya.

Ya, inilah sang guru kehidupan. Suri tauladan yang baik. Ketika mengingatnya, kadang terselip tanya pada hati saya : merindukah engkau dengan senyum beliau? Merindukah engkau dengan jawaban salam beliau bila kau ucapkan salam? Merindukah engkau dengan syafaat beliau? Aduhai……………Rasulullah……. rindu kami padamu…….(omar t.)

Advertisements

Published by

HaKim

mari mengenang masa lalu mari menghayalkan masa depan mari memikirkan masa kini

5 thoughts on “Cahaya Terang Dari Wajah Seorang Bocah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s