Bahasa Alam

“bahasa alam, apa maksudmu benda benda itu bisa berbicara? kau bercanda pasti” ia berkata pada makhluk didepannya.

“ya, bahkan kau bisa berbicara denganku, dengan batu, dengan langit, bahkan dengan debu. kalau urusan bercanda atau tidak, mungkin ya mungkin juga tidak” ia membetulkan kerah hitamnya yang tertekuk. jubahnya yang hitam bergelombang ketika angin dari samping kirinya datang,

“Tidak, aku berbicara denganmu karena aku ingin, tapi aku tidak akan bisa berbicara dengan batu, tanah, langit, atau debu. aku tidak gila. mereka bisu dan tak punya bahasa. bahasa adalah makna tertinggi yang mampu di ciptakan makhluk yang memiliki akal seperti manusia yang kemudian dimanfaatkan untuk saling memahami maksud yang tersembunyi.” lelaki berumur duapuluhan tahun, berkulit hitam, rambut bergelombang, dan jenggot yang tipis itu menatap tajam kebalik tubuhnya. seharian sudah ia berbincang dengan bayang-bayang.

“ah kamu memang tolol Kim, kau bisa berbicara dengan apapun dan siapapun kalau kamu mau. batu berbicara dengan ketenangannya, dalam tenang kau bisa mencari makna dan ia juga sangat kokoh pada sebuah tekad. itu juga bahasa. lalu langit berbahasa dengan musim, kau juga berbahasa dengan debu ketika kau bersin. dan seterusnya. intinya yang ada disekelilingmu adalah bahasa. dan kalau kau memahami mereka semua, kau akan menjadi bijak” bayangannya pergi, matahari terbit tepat diatas kepalanya hingga bayang-bayang tak lagi memiliki wajah. sempurna dibawah tubuhnya. dan Hakim hanya membisu, berusaha berbicara dengan alam benda…..

Advertisements

12 Replies to “Bahasa Alam”

    1. trimakasih.. menyaba dengan bahasa yang lebih sulit. bahasa nurani, bahasa hati, dan bahasa syukur… ketiganya menjadikan setiap hidup kita menjadi ibadah yang mencerahkan. dan padanya kita berbahagia. semoga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s